Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

Wednesday 13 February 2019

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Anda pasti tidak asing dengan buah yang satu ini kan? Ya buah manggis, buah berwarna ungu dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan relatif memiliki rasa manis dan asam. Jika anda mengonsumsi buah manggis, ada baiknya kulit manggis tersebut jangan langsung dibuang. Karena anda bisa memanfaatkan kulitnya sebagai obat. Caranya dengan menjadikan ekstrak kulit manggis. Ekstrak kulit manggis tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan :

Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan


1. Menurunkan kadar gula darah 

Kandungan vitamin pada kulit manggis ternyata dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang dapat menyebabkan seseorang terkena kencing manis dini. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistery mengemukakan, kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sebanding dengan zat acarbose, yang memiliki fungsi untuk menghambat enzim yang menyebabkan pati alam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan kandungan zat yang terdapat pada resep obat untuk penderita diabetes tipe 2 

Mengapa demikian? Karena kandungan asam tannicnya pada kulit manggislah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Senyawa tersebut terdapat juga pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC). Dan OPC tersebut juga terkandung dalam buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji bunga. Selain baik untuk gula darah, OPC yang terkandung pada kulit manggis juga diketahui berlimpah zat antioksidan. 

2. Anti anflimasi dan anti alergi 

Sebuah penelitian ilmiah mengemukakan bahwa manfaat kulit manggis memiliki zat yang berfungsi sebagai anti anflimasi dan anti alergi. Sebuah studi menyatakan kandungan yang terdapat pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya lainnya telah terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin dalam tubuh. Manfaat prostaglandin, sebenarnya berguna dalam dalam meredakan peradangan (anti anflimasi), yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang yang mengalami alergi. 

3. Kulit manggis untuk obat jerawat 

Kulit manggis bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga bermanfaat untuk masalah wajah, salah satunya yaitu untuk mengatasi jerawat atau obat jerawat. Kandungan zat antioksidan pada manggis terbukti ampuh untuk menghilangkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, yang mana faktor tersebut berpengaruh pada pertumbuhan jerawat. Selain itu, kulit manggis juga sangat efektif untuk melawan radikal bebas.

0 on: "Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan "