Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

Sunday 3 February 2019

Mengobati dan Menyembuhkan Luka Melepuh Dengan Cara Rumahan

Mungkin anda pernah terkena luka melepuh yang diakibatkan terkena air panas, atau cipratan minyak panas saat anda memasak. Biasanya, kulit akan langsung melepuh, perih, berisi air dan nanah. Pasti beberapa orang ada yang masih bingung bagaimana sih caranya untuk menyembuhkan luka melepuh ini? Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati luka melepuh dengan cara rumahan yang sederhana yang bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

Mengobati Luka Bakar


1. Gunakan vitamin E 

Sudah banyak yang tau kalu Vitamin E sangat bermanfaat untuk masalah kecantikan kulit. karena vitamin E berperan baik untuk mempercepat penyembuhan sel-sel kulit yang luka sekaligus mencegah terjadinya jaringan parut 

Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E. Jika dirasa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E belum memberikan tanda luka akan sembuh, anda dapat mengoleskan krim yang mengandung vitamin E yang berfungsi untuk membantu memuihkan luka. 

2. Oleskan gel lidah buaya 

Lidah buaya bukan hanya dapat membantu untuk masalah kecantikan. Tetapi juga dapat membantu masalah kulit, termasuk untuk mengatasi kulit melepuh akibat terkena minyak panas atau air panas. Kandungan antiradang yang terdapat pada lidah buaya dapat berfungsi untuk menghambat peradangan, sehingga diyakini dapat meredakan kulit yang membengkak, kemerahan, perih dan terbakar. 

Efek yang diberikan oleh lidah buaya yaitu dapat melembapkan dan memberikan sensasi dingin setelah pemakaian gel lidah buaya, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dari tanamannya langsung atau menggunakan produk dengan kandungan asli lidah buaya. 

3. Gunakan minyak jarak 

Minyak jarak atau castor oil merupakan salah satu minyak esensial yang dapat membantu proses penyembuhan jaringan kulit yang rusak. Termasuk mengobati luka yang melepuh. Oleskan minyak jarak ke bagian luka yang melepuh sebelum tidur. 

4. Rendam dalam teh hijau 

Teh hijau ternyata mengandung antiradang yang baik untuk proses penyembuah luka. Cara penggunaannya, anda dapat menggunakan teh hijau yang kemudian direndam dalam air mendidih tunggu sampai air menjadi hijau. 

Bila perlu, tambahkan soda kue yang berfungsi untuk memperkuat sifat antiseptiknya. Setelah air teh hijau dirasa hangat sudah mulai hangat, rendam kain pada air teh hijau, kemudian tempelkan kain kebagian kulit yang melepuh. Lakukan hal tersebut secara rutin, hingga luka melepuh anda dirasa pulih.

0 on: "Mengobati dan Menyembuhkan Luka Melepuh Dengan Cara Rumahan"