Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

Sunday 3 February 2019

Pentingnya Melakukan Istirahat yang Cukup

Setiap orang pasti memerlukan istirahat yang cukup. Apabila orang tersebut tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh. Mulai dari tubuh menjadi lemas, tidak bersemangat dan pastinya bermalas-malasan tidak melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. 

Pentingnya Istirahat Cukup


Ketika masih kecil, pasti anda pernah membantah jika disuruh tidur siang oleh orangtua. Tapi, ketika kita sudah dewasa, tidur siang merupakan hal yang paling berharga dan yang paling dinanti-nanti. Karena dengan tidur, tubuh kita menjadi lebih segar dan tidak ngantuk. 

Ada beberapa manfaat tentang pentingnya melakukan istirahat yang cukup. 

1. Membuat tubuh lebih sehat 

Istirahat dan tidur yang cukup merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jam tidur yang kurang, ternyata dapat memicu terjadinya risiko penyakit ginjal, stroke, jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, detak jantung yang tidak teratur serta membuat hormon stress menjadi naik. Ternyata melakukan istirahat dan tidur yang cukup dapat mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa dalam darah. Jika istirahat dan tidur anda tidak cukup, anda akan rentan terkena diabetes. Karena istirahat dan tidur yang kurang dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi lebih tinggi. 

2. Menjaga berat badan 

Jika anda termasuk orang yang kurang tidur, ada baiknya anda buang jauh-jauh kebiasaan tersebut. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi berat badan anda. Tidur dapat mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat. Caranya dengan menjaga hormon ghrelin (hormon yang membuat lapar) atau leptin (hormon yang membuat kenyang) tetap seimbang. Jika anda tidak tidur dengan cukup, maka hormon ghrelin akan naik dan hormon leptin menjadi turun. Akibatnya, anda akan merasa lapar. 

3. Pertumbuhan badan 

Istirahat dan tidur yang cukup ternyata dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Tidur yang cukup dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan normal pada anak-anak dan remaja. Hormon tersebut juga dapat membantu untuk memperbaiki sel-sel jaringan, serta meningkatkan masa otot pada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Selain itu, istirahat yang cukup juga mempengaruhi masa pubertas dan kesuburan.

0 on: "Pentingnya Melakukan Istirahat yang Cukup "