Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

Sunday 12 August 2018

Cara Mempercepat Pertumbuhan Bayi Prematur

Untuk mempercepat pertumbuhan bayi prematur, langkah pertama yang dapat andda lakukan yaitu dengan terus fokus pada pemberian nutrisi yang baik, dan bersabar pada setiap perkembangan yang terjadi pada bayi. Bayi prematur pada umumnya akan mencapai perkembangan yang sama seperti bayi yang normal namun, pertumbuhannya akan sedikit lebih lambat.

Untuk memahami perkembangannya itu sangat mudah bagi ibu, bayi ibu membutuhkan kehangatan, ketenangan, kenyamanan, dan nutrisi untuk mendukung perkembangannya ini. tak lama lagi, ia akan siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan petualangan baru.

Selain itu, jangan khawatir karena ibu terlambat memulai ikatan dengan si kecil karena ibu melahirkannya melalui proses operasi cesar, atau si kecil perlu dibawa ke Ruang NICU (Neonatal Intensivce Care Unit) segera setelah dilahirkan dan ibu tidak bisa memeluknya. Ikatan antara ibu dan anak dapat dimulai kapan saja dan dari waktu ke waktu, bukan hanya saat menit pertama setelah kelahiran.

Proses kedekatan ibu dan si kecil bukanlah suatu perlombaan, jadi si kecil akan mencapai tahap tumbuh kembangnya dan ikatan khusus dengan ibu pada saat sudah siap. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu untuk mempercepat tumbuh kembang pada bayi prematur :

1. Jangan Takut Bertanya

Ketika ibu membawa bayinya pulang kerumah dalam keadaan prematur, pasti banyak orang tua yang merasa khawatir dengan cara perawatannya. Untuk mengurangi kekhawatiran itu, ibu dapat mengumpulkan semua informasi yang ibu butuhkan dan tingkatkan rasa percaya diri ibu untuk bertanya. Mintalah saran medis untuk merawatnya atau mengatasi masalah pada bayi seperti cara menenangkan tangisannya.

2. Rangkul Si Kecil Dengan Gaya Kanguru

Lakukan sentuhan kulit bertemu kulit dengan si kecil, kanguru care dapat berfungsi untuk membantu mengatur pernafasan, suhu tubuh, dan detak jantung untuk bayi yang baru lahir prematur dan akan membantu juga untuk mendukung perkembangan otak yang sehat. Dengan melakukan hal ini juga akan menambah berat badan bayi, mengurangi tangisannya dan juga akan menyusui dengan lebih baik. Kanguru care dapat dilakukan setelah bayi mandi atau setelah disusui.

3. Memeluknya Dengan Gendongan

Ketika ibu akan menggendong si kecil dengan gendongan supaya si kecil lebih dekat denagn ibu, maka sebaiknya ibu bertanya dulu kepada dokter atau perawat medis. Kehangatan dan kenyamanan ibu dapat menenangkan si kecil namun ibu harus memastikan bahwa si kecil memiliki kekuatan otot untuk menjaga saluran udaranya terbuka untuk bernapas dalam posisi ini.

 4. Ciptakan Suasana Tenang

Sebaiknya ibu harus sebisa mungkin jauhkan si kecil dari kebisingan dan kejutan karena ia lebih menyukai suasana tenang. Namun, ibu juga harus menjaga komunikasi lembut yang terjalin dengan si kecil.

0 on: "Cara Mempercepat Pertumbuhan Bayi Prematur"