Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

Tuesday 7 August 2018

Manfaat Serat Untuk Kesehatan Yang Tidak Diketahui

Hanya 1/3 dari total kebutuhan serat harian yang dipenuhi oleh sebagian besar masyarakat kita. Hal ini mungkin karena edukasi akan pentingnya manfaat serat untuk kesehatan belum sampai kepada mereka. Inilah perlunya sosialisasi oleh semua pihak akan pentingnya manfaat serat untuk kesehatan. 

Melalui Postingan ini saya juga ingin memberikan informasi singkat mengenai beberapa manfaat serat khususnya untuk kesehatan tubuh kita. Dari banyak sumber yang saya dapatkan, kekurangan serat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit degenerative seperti jantung, diabetes, hipertensi dan sejenisnya. 

manfaat serat

Jenis serat

Berdasarkan jenisnya, serat terbagi menjadi dua macam yaitu serat larut air dan serat tidak larut air. Dari bahasanya, kita sudah bisa mengartikan bahwa serat yang terlarut di dalam air adalah serat larut air sedangkan serat yang tidak larut dan bercampur dengan air adalah serat tidak larut air. 

Manfaat Serat Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Khususnya serat yang larut di dalam air seperti pektin, musilase, gum, dan lain sebagainya. Memiliki manfaat untuk menyerap lemak serta kolesterol dalam bahan makanan yang kita makan di dalam usus. Hal ini secara otomatis, akan memperkecil timbunan lemak dan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. 

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat larut dalam air juga bermanfaat untuk anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat, anda akan merasa kenyang meskipun makanan yang anda makan sedikit. Dengan demikian anda akan mudah menurunkan berat badan. 

3. Menurunkan Hipertensi

Ternyata beberapa bahan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain kolesterol dan lemak yang diserap oleh serat, ternyata garam juga terserat oleh serat di dalam usus, sehingga dapat menormalkan kandungan garam dalam darah. 

Sekarang anda sudah tahu bukan, akan pentingnya manfaat serat untuk kesehatan. Nah mulai sekarang mari konsumsi serat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sekian, semoga bermanfaat !

0 on: "Manfaat Serat Untuk Kesehatan Yang Tidak Diketahui"